Terapi Pengobatan Wasir

Terapi Pengobatan Wasir – Wasir adalah masalah umum. Mereka adalah pembuluh darah yang bengkak dan meradang yang dapat berkembang di rektum bawah (wasir internal) dan di sekitar anus (wasir eksternal). Gejala wasir bisa berupa pendarahan, nyeri dubur atau gatal-gatal. Pendarahan biasanya berupa darah merah cerah yang terlihat di kertas toilet atau di toilet. Biasanya tidak tercampur dengan tinja.

Terapi Pengobatan Wasir

Di Monmouth Gastroenterology, mneawarkan terapi pengobatan wasir berbasis prosedur teknologi canggih dan efektif mengusir wasir. Dua dari prosedur yang paling umum untuk wasir adalah terapi koagulasi inframerah dan ligasi gelang karet (pita wasir). Rincian tentang prosedur ini tercantum di bawah ini.

2 Macam Terapi Pengobatan Wasir

Terapi Koagulasi Inframerah

Terapi koagulasi inframerah (IRC) adalah prosedur yang digunakan untuk mengobati wasir internal berukuran kecil atau sedang. Ini dilakukan dengan menggunakan probe yang menciptakan cahaya inframerah yang intens. Cahaya infra merah kemudian memancarkan panas dan energi ke wasir, yang kemudian mengarah pada pembentukan jaringan parut.

Jaringan parut memotong suplai darah ke wasir sehingga tidak mudah membengkak dan menyebabkan gejala seperti perdarahan, nyeri atau gatal.

Prosedur ini dapat dilakukan di kantor dokter atau di pusat endoskopi rawat jalan. Prosedur ini dapat dilakukan bersamaan dengan prosedur lain seperti endoskopi atau kolonoskopi. Satu-satunya persiapan yang diperlukan adalah enema sebelum prosedur kecuali IRC dilakukan dengan kolonoskopi di mana persiapan kolonoskopi sudah memadai.

Pasien ditempatkan di sisi kiri mereka. Prosedur dapat dilakukan dengan atau tanpa sedasi intravena. Anoscope (alat plastik yang digunakan untuk menjaga anus sedikit terbuka) dimasukkan dengan hati-hati melalui lubang anus. Dokter kemudian akan menggunakan probe infra merah untuk mengobati wasir internal. Prosedur ini memakan waktu sekitar 5 hingga 10 menit.

Prosedur mengobati ambeien wasir ini umumnya dapat ditoleransi dengan baik oleh pasien. Pendarahan dari anus dapat terjadi hingga 7 hingga 10 hari setelah prosedur, tetapi biasanya akan berhenti dengan sendirinya tanpa pengobatan lebih lanjut.

Setelah IRC, dokter umumnya akan menyarankan pasien untuk mengonsumsi pelunak feses dan suplemen serat untuk mencegah mengejan dan sembelit, yang dapat memperparah wasir.

Untuk meredakan ketidaknyamanan akibat prosedur, pasien dapat mandi sitz (duduk di bak air hangat selama 15 menit) dan pereda nyeri ringan untuk meredakan ketidaknyamanan akibat prosedur. Risiko IRC rendah, tetapi dapat mencakup pendarahan atau infeksi pada anus, nyeri anorektal, atau ketidakmampuan sementara untuk buang air kecil.

Ligasi Karet Gelang Wasir (Hemorrhoid Banding)

Ligasi gelang karet adalah prosedur yang digunakan untuk mengobati wasir internal. Ia bekerja dengan menempatkan karet gelang di dasar wasir, yang memutus suplai darahnya. Wasir kemudian menyusut dan mengelupas dalam waktu sekitar 1 minggu.

Prosedur ini dapat dilakukan di kantor dokter atau di pusat endoskopi rawat jalan. Prosedur ini dapat dilakukan bersamaan dengan prosedur lain seperti endoskopi atau kolonoskopi. Satu-satunya persiapan yang diperlukan adalah enema sebelum prosedur kecuali jika pita wasir dilakukan dengan kolonoskopi dalam hal persiapan kolonoskopi sudah memadai.

Pasien ditempatkan di sisi kiri mereka. Prosedur dapat dilakukan dengan atau tanpa sedasi intravena. Endoskopi dengan perangkat pita wasir terpasang dimasukkan melalui lubang anus. Karet gelang kemudian dipasang pada wasir internal. Prosedur ini memakan waktu sekitar 5 hingga 10 menit.

Prosedur ini umumnya dapat ditoleransi dengan baik oleh pasien. Nyeri di sekitar anus sering terjadi dan dapat berlangsung selama beberapa hari. Pendarahan dari anus dapat terjadi hingga 7 hingga 10 hari setelah prosedur, tetapi biasanya akan berhenti dengan sendirinya tanpa pengobatan lebih lanjut.

Setelah hemorrhoid banding, dokter umumnya akan menyarankan pasien untuk mengonsumsi pelunak feses dan suplemen serat untuk mencegah mengejan dan sembelit, yang dapat memperparah wasir. Untuk meredakan ketidaknyamanan akibat prosedur, pasien dapat mandi sitz (duduk di bak air hangat selama 15 menit) dan pereda nyeri ringan untuk meredakan ketidaknyamanan akibat prosedur.

Resiko dari pengikatan gelang karet pada wasir cukup rendah, tetapi bisa termasuk pendarahan atau infeksi pada anus, nyeri anorektal, atau ketidakmampuan untuk buang air kecil sementara.

Leave a Comment